Ketua Dekranasda Provinsi Banten: Generasi Muda Lestarikan dan Jaga Warisan Bangsa

- 15 Mei 2024, 21:10 WIB
Dekranasda Provinsi Banten
Dekranasda Provinsi Banten /

Trust Banten - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten, Tine Al Muktabar mengatakan saat ini pihaknya terus berupaya mencetak para regenerasi pengrajin khususnya generasi muda menjadi pengrajin. Tujuannya untuk menjaga dan terus melestarikan warisan bangsa.

"Untuk meningkatkan minat pelaku pengrajin generasi muda memang masih banyak tantangan. Oleh karena itu ada langkah yang harus diambil, yakni menarik minat bahwa wastra dan kriya itu baik, unik dan bisa memberikan nilai tambah secara ekonomi. Jadi selain menjaga warisan budaya bangsa, tapi juga memiliki efek dalam menumbuhkan perekonomian," ungkapnya usai mengikuti syukuran HUT Dekranas ke-44 dan pembukaan Dekranas Expo 2024 di Ballroom Alila Solo Hotel, Jawa Tengah pada Rabu, 15 Mei 2024.

Tine mengajak generasi muda tertarik terhadap wastra dan kriya yang menjadi warisan bangsa. Dibutuhkannya inovasi dan kreativitas yang mampu menyesuaikan dengan selera generasi muda.

Baca Juga: Dies Natalis Fisip Untirta Gelar Berbagai Kegiatan Menarik

"Jadi membutuhkan inovasi dan itu harus berdampak pada selera generasi muda," katanya.

Selain itu, Tine juga menuturkan untuk bisa membawa wastra dan kriya ke kancah nasional maupun internasional. Maka dibutuhkannya peningkatan kemampuan para pengrajin.

"Ini yang harus kita dampingi, sehingga mereka dapat terus berinovasi," imbuhnya.

Baca Juga: HIPMI Kabupaten Pandeglang Nilai Duet Rifky Hermiansyah-Ananda Trianh Salichan Paling Ideal

Saat ini Dekranasda terus mendorong para pengrajin untuk berinovasi dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rizki Suhaedi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah