Pj Bupati Tangerang: Kepala Sekolah Kuasai Teknologi Informasi dan Kemampuan Berbasis Data

- 13 Mei 2024, 21:30 WIB
Pj Bupati Tangeran, Andi Ony saat membuka kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah Berbasis Data Angkatan I dan II.
Pj Bupati Tangeran, Andi Ony saat membuka kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah Berbasis Data Angkatan I dan II. /Rizki


Trust Banten - Pj Bupati Tangerang, Andi Ony mendorong para Kepala Sekolah untuk terus meningkatkan penguasaan Teknologi Informasi (TI) dan kemampuan berbasis data.

Hal tersebut diungkapkan Pj Andi Ony saat membuka kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah Berbasis Data Angkatan I dan II di GSG Pramuka Kitri Bhakti Curug pada Senin, 13 Mei 2024.

"Di era digital saat ini, seorang kepala sekolah harus menguasai perkembangan teknologi informasi dan kemampuan berbasis data. Data yang akurat dan up-to-date dapat membantu kepala sekolah mengambil keputusan yang tepat, mengoptimalkan pengelolaan sekolah, dan meningkatkan kinerja guru serta prestasi siswa," katanya.

Baca Juga: Menang Lawan Persika 1951 Karawang, Persikota Pastikan Melaju ke 16 Besar

Menurutnya, seorang kepala sekolah memiliki peran sentral dalam memastikan keberhasilan pendidikan di sekolah masing-masing dan meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa dengan melibatkan semua unsur dan potensi yang dimiliki. Dia berpesan agar para kepala sekolah juga peka melihat peluang dan potensi yang dimiliki serta mengidentifikasi permasalahan yang akan dihadapi dalam pengembangan sekolah.

"Penting dalam hal ini bagi kepala sekolah untuk melibatkan para pemangku kepentingan yaitu para guru, peserta didik dan orang tua serta pihak terkait lainnya untuk menyelesaikan permasalahan sekolah secara bersama sama. Kepala sekolah harus mampu melihat peluang dan potensi yang dimiliki serta mengidentifikasi permasalahan yang akan dihadapi dalam pengembangan sekolah," ujar Pj Bupati.

Sementara itu Sekretaris Badan (Sekban) BKPSDM Kabupaten Tangerang, Hadiyanto pola yang diterapkan nantinya menggunakan pola pembelajaran blended learning dengan target peserta para Kepala Sekolah Negeri pada bidang kanak-kanak, SD dan SMP Negeri dengan jumlah 80 orang.

Baca Juga: Didukung Penuh Pengurus DPC Gerindra Bungo, Dr. Alparobi Bakal Mentas di Pilkada 2024

"Diklat ini direncanakan melalui pola fasilitasi dengan Balai penjamin mutu pendidikan provinsi Banten dengan pola pembelajaran blended learning. Para peserta adalah para PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan target Kepala Sekolah Negeri pada bidang kanak-kanak SD dan SMP Negeri dengan jumlah 80 orang," pungkasnya. ***

Editor: Ahmad Rizki Suhaedi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah