Gerakan Penanaman Cabai Menjadi Cara Efektif untuk Menekan Inflasi di Provinsi Banten

- 1 September 2023, 23:42 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat Gerakan Penanaman Cabai
Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat Gerakan Penanaman Cabai /Rizal Fauzi/

Trust Banten – Gerakan penanaman cabai sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Hal itu dilakukan untuk menjaga stabilitas harga di pasaran sebagai upaya untuk menekan angka inflasi.

"Atas arahan Bapak Presiden Republik indonesia kita mengambil langkah strategis antara TPID bersama TPIP dalam rangka menekan inflasi, dimana di antara faktor penentu yang sangat signifikan yaitu soal ketahanan pangan," ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai menanam cabai merah bersama di Desa Kadubeureum Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Jumat 1 September 2023.

Al Muktabar menjelaskan, Pemprov Banten bersinergi dengan Kantor Perwakilan Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten untuk terus berupaya menambah luas areal tanaman cabai di Kabupaten/Kota se Provinsi Banten.

Baca Juga: Ikut Ciptakan Kedamaian Dunia, Program Pertukaran Pemuda Indonesia dan Korea Penting

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menanam cabai di lahan-lahan pekarangan rumah dan media tanam polybag,” ujarnya.

Selain itu, sambung Al Muktabar, Pemprov Banten juga memberikan sarana produksi kepada kelompok-kelompok tani berupa pupuk, bibit cabai, pompa air dan pengairan sistem kabut. Sistem tetsebut, diharapkan dapat menghasilkan produksi cabai yang optimal.

“Cabai pada dasarnya sesuai dengan kesesuaian lahan di kita bisa tersebar di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Khusus di Kabupaten Serang, Pandeglang dan Lebak terus diupayakan menambah luas area pertanaman cabai,” ungkapnya.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengapresiasi atas langkah cepat yang dilakukan Pemprov Banten dan TPID dalam rangka menekan angka inflasi, terutama berkaitan dengan ketersediaan suplai cabai.

Baca Juga:Michelle Surjadi Fang Sumbang Banyak Medali untuk Banten pada POPNAS XVI Sumsel 2023

Halaman:

Editor: Rizal Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah