Dukung Program PKK, Distan Provinsi Banten Siapkan 1 Juta Bibit Cabai

- 20 Januari 2024, 19:10 WIB
Tim enggerak PKK Provinsi Banten terus berupaya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarang rumah.
Tim enggerak PKK Provinsi Banten terus berupaya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarang rumah. /Liem Mamora/Trust Banten

Trust Banten - Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten, Tine Al Muktabar meminta warga untuk terus memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing.

Menurutnya, lahan pekarangan sangat bermanfaat untuk meningkatan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga. Tine Al Muktabar menjelaskan, pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal.

"Pemanfaatan lahan pekarangan memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga, antara lain sebagai sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan," katanya usai melaksanakan kegiatan senam bersama dan panen raya cabai, bawang merah dan rambutan di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Banten pada Jumat, 19 Januari 2024 lalu.

Baca Juga: Bankeu Dana Desa Tahun ini Fokus untuk Pelayanan Dasar Masyarakat

Untuk pemanfaatan lahan pekarangan, TP PKK Provinsi Banten sedang menggalakan gerakan setiap rumah menanam cabai. Gerakan tersebut, dilaksanakan melalui kader-kader PKK yang sehari-hari berada dalam lingkungan masyarakat.

“Para kader diharapkan mampu membina anggotanya untuk menanam cabai di lingkungan rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Pemilihan tanaman cabai, adalah sebagai upaya membantu pemerintah dalam pengendalian inflasi. “Cabai merupakan salah satu komoditi yang menyumbang tingginya angka inflasi,” katanya.

Baca Juga: Lima Unit Rumah Warga Jiput Ambruk Terdampak Longsor Galian Perumahan

Selain itu, tanaman cabai tidak memerlukan lahan yang luas. Cabai bisa ditanam dengan sistem polybag. “Paling tidak, melalui gerakan tanam cabai, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dirinya sendiri,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah