Gerakan Pangan Murah Jadi Cara Dinas Ketapang Turut Memeriahkan HUT ke-23 Provinsi Banten

- 9 Oktober 2023, 15:31 WIB
Masyarakat sedang berbelanja di stand Gerakan Pangan Murah Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten
Masyarakat sedang berbelanja di stand Gerakan Pangan Murah Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten /Rizal Fauzi /

Trust Banten - Kampanye ketahanan pangan melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) terus dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten. Kali ini GPM turut serta dalam Rangkaian Acara HUT ke-23 Provinsi Banten yang digelar di Kantor Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) Curug Kota Serang, 8 Oktober 2023.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Haris menjelaskan, latar belakang GPM adalah untuk mewujudkan ketahanan pangan yang mantap dan berkesinambungan.

Ketahanan pangan, menurut Haris, merupakan kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi seluruh penduduk untuk hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

Baca Juga:Ketua Umum Kadin Provinsi Banten: Bela dan Beli Produk UKM Banten!

"Ketahanan pangan memiliki tiga komponen utama, yaitu ketersediaan pangan yang cukup dan merata, keterjangkauan pangan yang efektif dan efisien, serta konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman dan halal," ujarnya kepada awak media.

Haris juga menegaskan, tujuan besar dari digelarnya GPM yakni untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau dan di bawah harga pasar, menjaga ketersediaan bahan pangan, meningkatkan daya beli masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"GPM dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta didukung oleh berbagai pihak," ujarnya.

Baca Juga:Buka Bimtek Memajukan Bisnis Katering, M Azzari Jayabaya: APJI harus Didukung Penuhnuh

Pihak-pihak yang terlibat diantarnya adalah Perum Bulog, Kementerian Perdagangan Kementerian Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Swasta.

Halaman:

Editor: Rizal Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah