Hadapi Musim Kemarau Tahun 2024, Distan Provinsi Banten Salurkan 338 Irpom

- 30 Juni 2024, 19:02 WIB
Kepala Distan Provinsi Banten, Agus M Tauchid saat memantau arela persawahan yang akan mendapat bantuan Irpom.
Kepala Distan Provinsi Banten, Agus M Tauchid saat memantau arela persawahan yang akan mendapat bantuan Irpom. /Liem Mamora/Trust Banten

Trust Banten - Langkah antisipasi dilakukan Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten dalam menghadapi musim kemarau yang diprediksi mulai Juli hingga September 2024 ini, dengan menyiapkan 338 irigasi perpompaan (Irpom).

Satu unit Irpom diyakini akan mampu mengairi sampai 20 hektare areal persawahan yang bersumber dari air permukaan. Dengan begitu daerah persawahan yang mengandalkan air tadah hujan dan nontadah hujan bisa tetap produktif tidak terganggu.

Kepala Distan Provinsi Banten, Agus M Tauchid mengatakan, 338 unit Irpom itu merupakan bantuan Pemprov yang bersumber dari APBD 2024.

Baca Juga: Tipe Rumah Termahal di Klaster Trésor BSD City Ludes Terjual Dalam Waktu Singkat, Apa Saja Keunggulannya

Dia menerangkan, Irpom itu disalurkan ke sejumlah daerah dengan rincian, untuk Kabupaten Lebak sebanyak 155 unit, Kabupaten Pandeglang 85 unit, Kabupaten Serang 55 unit, Kabupaten Tangerang 28 unit dan Kota Serang sebanyak 15 unit.

"Proses penerima bantuan ini dimulai dari penentuan Calon Petani dan Calon Lokasi atau CPCL yang memiliki sumber air permukaan bukan dari irigasi," kata Agus usai melakukan monitoring pembangunan rumah pompa di Poktan Cakung Mandiri, Desa Bolang, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak belum lama ini.

Untuk sawah tadah hujan kata dia, biasanya hanya melakukan satu kali tanam dalam satu tahun. Dengan adanya bantuan itu diharapkan permaalahan itu tidak jadi lagi di Banten. Dengan program Irpom itu diharapkan dapat meningkatkan indeks tanam menjadi dua hingga tiga kali dalam satu tahun.

Baca Juga: Bebek Goreng Sambel Ijo yang Digemari Bule, Disini Tempatnya

"Kita optimis dengan berjalannya program ini akan mampu menambah indeks tanam padi mencapai 6.760 hektar untuk sekali tanam. Belum lagi dengan bantuan pompanisasi yang mencapai 1.123 unit yang tersebar di kabupaten dan kota," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah