Moh Ojat Sudrajat: Direksi Bank Banten yang tak Mampu harus Diganti

- 27 September 2023, 20:51 WIB
Logo Bank Banten.
Logo Bank Banten. /

Trust Banten - Sejak pergantian manajemen Bank Banten beberapa bulan lalu, muncul keyakinan bahwa bank milik Pemprov Banten itu akan lebih baik.

Alasannya, Direksi Bank Banten yang baru banyak diisi mantan bankir plat merah, yang tentunya sarat pengalaman. Namun nyatanya, kabar kurang sedap kerap muncul mengiringi perjalanan Bank Banten dalam beberapa bulan ini.

"Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan Bank Banten seperti biasanya. Karena memang awalnya saya yakin dengan manajemen yang baru," ungkap pengamat kebijakan publik Banten, Moh Ojat Sudrajat kepada Trust Banten pada Rabu, 27 September 2023.

Baca Juga: Bantu Minimalisir Stunting, Indomaret Salurkan CSR untuk 250 Balita di Pandeglang

Namun kata dia, dirinya agak tersentak ketika ada salah seorang rekan yang menghubunginya melalui telepon, dan bercerita tentang kondisi Bank Banten saat ini.

Karena penasaran, dia mencoba membuka laporan keuangan Bank Banten periode Januari sampai dengan Agustus 2023.

"Dan luar biasa ternyata, dimana Non Performing Loan (NPL) Bank Banten per Juli 2023 mencapai 9,59 persen dari batas ideal sebesar 5 persen yang ditetapkan oleh Bank Indonesia," terang Moh Ojat Sudrajat.

Baca Juga: Nagaswara Sukses Promotori Musik Swara Sarinah 24

Dia menerangkan, kredit yang diberikan per Januari 2023 sebesar 3,727 (dalam miliar rupiah) turun menjadi 3,657 (dalam miliar rupiah). Artinya kreditnya tidak tumbuh, bahkan menurun.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah