Jelang Akhir Tahun 2023, Pemprov Banten Fokus Kendalikan Inflasi

- 11 Desember 2023, 19:22 WIB
Statistik pengendalian inflasi di Provinsi Banten.
Statistik pengendalian inflasi di Provinsi Banten. /Dok. Trust Banten/

Trust Banten - Pengendalian inflasi merupakan fokus kerja Pemprov Banten menghadapi akhir tahun 2023 ini. Tercatat inflasi tahunan (yoy) untuk November 2023 Provinsi Banten sebesar 3,03 persen. Sedangkan secara bulanan (mtm) terhadap Oktober 2023 sebesar 0,57 persen.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar usai mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual di Ruang Rapat Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang pada Senin, 11 Desember 2023.

“Dengan begitu, inflasi di Provinsi Banten sampai sekarang cukup terkendali sejalan dengan kondisi perekonomian masyarakat di Provinsi Banten ini,” ungkap Al Muktabar.

Baca Juga: Pekan ini, Kejari Pandeglang Periksa Puluhan Wajib Pajak Nakal

Ia menyampaikan, dengan inflasi yang terkendali pihaknya juga terus mengoptimalkan berbagai upaya. Salah satunya dengan pemanfaatan dana fiskal daerah untuk mengurangi pengeluaran dan menyeimbangkan anggaran.

Al Muktabar menambahkan, sebagai upaya pengendalian inflasi, pihaknya juga terus mengawasi komoditi yang menjadi pemicu inflasi, seperti beras dan cabai merah. Dengan berbagai upaya tersebut, ia berharap mampu menyetabilkan harga dan ketersediaan bahan pangan tersebut.

“Pada dasarnya beras sudah aman. Tinggal cabai merah yang terus kita upayakan pengoptimalannya, baik melalui tanam cabai ataupun panen cabai yang akan kita laksanakan nanti,” jelas Al Muktabar.

Baca Juga: Di Saung Aren Kula Rangkasbitung ini, Nira Aren Diolah menjadi Produk Bernilai Ekonomi Tinggi

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid menyampaikan, sesuai dengan arahan Mendagri, Pemprov Banten akan melakukan upaya pengendalian inflasi pada komoditas cabai merah dengan menggelar panen cabai secara hybrid.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah