Inflasi di Kota Tangerang Turun hingga 3,36 persen

- 3 Mei 2024, 17:03 WIB
Indeks Inflasi i Kota Tangerang
Indeks Inflasi i Kota Tangerang /



Trust Banten - Pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang mengalami tren positif. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, indeks inflasi di Kota Tangerang mengalami penurunan hingga mencapai 3,36 persen.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Yeti Rohaeti menuturkan, data terbaru yang ditunjukkan BPS Kota Tangerang, per April 2024 terdapat penurunan inflasi dari bulan-bulan sebelumnya, yakni Januari (2,46 persen), Februari (2,5 persen), Maret (3,62 persen) dan April kembali turun mencapai 3,36 persen.

“Berdasarkan data terbaru menunjukkan penurunan angka inflasi terjadi pada berbagai lini sektor, bahkan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan ini mencapai 106,44,” katanya pada Jumat, 3 Mei 2024.

Baca Juga: PMBI: Pengusulan Al Muktabar jadi Penjabat Gubernur lagi tak Langgar Aturan

Tidak hanya itu, indeks inflasi Kota Tangerang juga menunjukkan kondisi yang lebih baik bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (2023). Tercatat, perbandingan periodesasi yang sama tersebut mencapai 0,1 persen, yakni April (2023) sebesar 3,46 persen serta kembali turun pada April (2024) sebesar 3,36 persen.

Beberapa komoditas penting yang menyumbangkan inflasi pada bulan ini masih didominasi oleh kebutuhan pangan pokok, seperti beras, bawang putih, tomat, sampai daging ayam ras yang tidak berbeda jauh dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Selanjutnya, penurunan angka inflasi ini merupakan perkembangan yang cukup positif untuk perekonomian lokal di Kota Tangerang. Terlebih, berdasarkan perhitungan ‘Month to Month’ dan ‘Year to Date,’ keduanya hanya mengalami infasi sebesar 0,44 persen dan 1,84 persen,” tandas Yeti.

Baca Juga: Hasil Pileg 2024, Partai Golkar Rebut Kursi Ketua DPRD Provinsi Banten dari Partai Gerindra

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terus menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menjaga stabilitas indeks inflasi di Kota Tangerang dalam beberapa waktu mendatang. ***

Editor: Ahmad Rizki Suhaedi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah