Diam-diam, Ternyata Kecamatan Warunggunung Jadi Penghasil Pepaya Terbesar di Lebak

- 5 Mei 2024, 15:47 WIB
Ternyata Kecamatan Warunggunung adalah penghasil pepaya terbesar di Kabupaten Lebak, berikut penjelasan datanya dari BPS
Ternyata Kecamatan Warunggunung adalah penghasil pepaya terbesar di Kabupaten Lebak, berikut penjelasan datanya dari BPS /pixabay / pisauikan



TRUST BANTEN - Siapa yang menyangka ternyata Kecamatan Warunggunung menjadi penghasil pepaya terbesar di Kabupaten Lebak.

Data statistik Kabupaten Lebak baik tahun 2022 maupun data sementara pada tahun 2023 mencatat produksi pepaya di Warunggunung jadi yang terbesar di Kabupaten Lebak.

Kecamatan Warunggunung merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pandeglang, dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Lebak.

Baca Juga: Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Diusulkan Jadi Cagar Budaya

Pepaya menjadi salah satu komoditas yang dibudidayakan dan ternyata produksinya cukup baik di Warunggunung. Data Kabupaten Lebak Dalam Angka 2024 mencatat, produksi pepaya di Kecamatan Warunggunung pada tahun 2022 mencapai 17.340 kuintal.

Produksi pepaya di Warunggunung kemudian meningkat pada data sementara tahun 2023 yang mencapai 18.287 kuintal. Jika dibandingkan dengan kecamatan lain di Kabupaten Lebak, produksi pepaya di Warunggunung paling besar dan memiliki perbedaan yang signifikan.

Jika dibandingkan dengan Kecamatan Panggarangan  misalnya, meski berada di urutan kedua, Panggarangan hanya menghasilkan 4.171 kuintal pepaya pada tahun 2022. Produksi pepaya di Kecamatan Panggarangan bahkan menurun pada angka sementara tahun 2023 yang hanya mencapai 768 kuintal.

Baca Juga: LUAR BIASA! Timnas Piala Uber Indonesia Melaju ke Final, Tiga Tunggal Putri Jadi Penentu

Meski produksi pepaya di Kecamatan Warunggunung cukup tinggi, namun belum dioptimalkan dengan baik guna memberi nilai tambah bagi petani.

Pepaya merupakan komoditas hortikultura dengan manfaat yang baik bagi kesehatan. Berbagai literatur menunjukan, pepaya memiliki segudang manfaat mulai dari meningkatkan kualitas sistem pencernaan, menurunkan berat badan, meningkatkan imun, menjaga kesehatan mata serta menurunkan kolesterol.

Halaman:

Editor: Kamim Rohener


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah