Catatan Kapten James Cook: Sebelum Meletus Dahsyat, Krakatau adalah Daratan yang Sangat Indah

- 19 April 2024, 20:15 WIB
Pelaut tangguh Inggris, Kapten James Cook.
Pelaut tangguh Inggris, Kapten James Cook. /Tangkap layar IG @boimbaelah/

Trust Banten - Cracatoa (Krakatau) dinilai lebih sehat dan indah dibandingkan daerah sekitarnya. Pulaunya terdiri dari dataran tinggi yang naik secara bertahap di semua sisi laut, dan keseluruhan pulaunya ditumbuhi pepohonan, kecuali beberapa titik yang telah dibuka oleh penduduk asli untuk dijadikan ladang dan beberapa rumah bambu.

Demikian rangkuman catatan Kapten James Cook (7 November 1728-14 Februari 1779). Kapten James Cook adalah seorang penjelajah, kartografer, dan perwira angkatan laut Inggris yang terkenal karena pelayarannya di Samudera Pasifik.

Dalam pelayaran ini, seperti dikutip dari IG @boimbaelah, James Cook berlayar ribuan mil melintasi sebagian besar wilayah yang belum dipetakan di dunia. Dia memetakan daratan dengan lebih rinci dan dalam skala yang belum pernah dipetakan oleh penjelajah barat lainnya.

Baca Juga: PMBI: Tak ada Alasan Pemkab dan Pemkot Tolak Tempatkan RKUD-nya di Bank Banten

Dia melakukan survei dan memberi nama tempat, serta mencatat pulau-pulau dan garis pantai di peta untuk pertama kalinya. Dia juga menunjukkan kombinasi keahlian pelayaran, keterampilan survei dan kartografi yang unggul, keberanian fisik, dan kemampuan untuk memimpin orang dalam kondisi buruk.

Seperti halnya Sir Joseph Banks yang mencatat tentang Pulau Panaitan, James Cook juga mencatat pengalaman pelayarannya dalam sebuah Jurnal. James Cook selama periode 1768 hingga 1779 melakukan pelayaran sebanyak tiga kali.

Pelayaran pertama tahun 1768 hingga 1771, ekspedisi ini berlayar dengan kapal HMS Endeavour berangkat dari Inggris pada tanggal 26 Agustus 1768. Pelayaran kedua mulai rahun 1772 hingga tahun 1775 menggunakan kapal HMS Resolusi, dan pelayaran ketiga dari tahun 1776 hingga tahun 1779 menggunakan Kapal HMS Resolusi.

Baca Juga: Profil Empat Outside Hitter Lokal Jakarta Popsivo Polwan untuk Proliga 2024, Ada MVP

Dalam catatannya, James Cook menerangkan, kata sehat untuk Cracatoa punya beberapa alasan. Pada perjalanan pertama ekspedisinya, ia telah membeli air untuk perjalanan pulang ke Inggris dari Batavia.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah