Jawara Mobile Banking dan QRIS Bank Banten Hadir Saat Acara KKB dan Digiwara Fun Fest 2024

- 11 Juni 2024, 19:25 WIB
Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar pada saat mengunjungi booth peserta event KKB dan Digiwara Fun Fest 2024.
Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar pada saat mengunjungi booth peserta event KKB dan Digiwara Fun Fest 2024. /Dok. Trust Banten/

Trust Banten - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi dengan pemerintah daerah menyelenggarakan Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digital Jawara atau Digiwara Fun Fest 2024 selama lima hari dengan tema Inovasi, Digitalisasi dan Kolaborasi Menuju Banten Maju, Mandiri dan Sejahtera. Kegiatan dilaksanakan di Bintaro Jaya Xchange, Tangerang Selatan.

KKB dan Digiwara Fun Fest 2024 dibuka Penjabnat Gubernur Banten, Al Muktabar dengan dihadiri anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea, Deputi Gubernur BI Juda Agung, Kepala Perwakilan BI Banten Ameriza M Moesa, Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI Muhammad Firdaus; Plt Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Liz Zeny Merry, dan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Krizna Ariza.

Event terbesar, strategis dan unggulan Bank Indonesia Provinsi Banten ini difokuskan pada bidang pengembangan UMKM dan pariwisata unggulan, sekaligus menjadi bagian dari road to Karya Kreatif Indonesia (KKI). Sementara Digiwara Fun Fest difokuskan pada bidang perluasan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di daerah, sekaligus menjadi bagian dari road to Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) tahun 2024.

Baca Juga: Desa Ini Wakili Kabupaten Tangerang Tampil pada Lomba Apresiasi Rumah Dataku Tingkat Nasional

Dalam sambutannya Al Muktabar menyampaikan, UMKM Banten masih menemui banyak hambatan. Karenanya dia berharap UMKM Banten dapat lebih aware dalam menangkap peluang dengan memanfaatkan platform digital, untuk memperluas akses pasar dan peningkatan kapasitas, baik dari sisi UMKM maupun pariwisata.

Al Muktabar juga menyampaikan pentingnya digitalisasi seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali digitalisasi transaksi pemerintah daerah. Dengan digitalisasi transaksi pemerintah daerah, akan mengembangkan perekonomian Provinsi Banten.

Melalui sinergi pusat dan daerah serta seluruh stakeholder melalui konsep pentahelix, diharapkan dapat mengatasi tantangan dan mendekatkan peluang UMKM Banten untuk dapat mandiri dan berdaya saing, sehingga apa yang dicita-citakan menjadi kenyataan.

Baca Juga: Pengusaha Kuliner di Banten Ikuti Pelatihan dan Bimtek SJH

"Tentunya Pemprov Banten bersama Perwakilan BI Provinsi Banten terus mendorong para pelaku UMKM agar menjadi UMKM yang naik kelas dengan memanfaatkan perkembangan digitalisasi," tambahnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah